Siklus

Sejak kapan semua menjadi terbalik
Mengapa kini semua terasa pelik
Bagaimana mungkin diri ini seringkali tercekik
Oleh keadaan yang jungkir balik

Dia berlaku ini, maka aku berlaku itu
Aku berlaku itu, maka kamu berlaku ini itu

Dia berlaku itu, maka aku berlaku ini
Aku berlaku ini, maka kamu berlaku ini itu

Begitu terus, terus begitu
Bagai mata rantai yang tak pernah putus
Laksana siklus

Haruskah kita selalu mengejar kata "harus"?

Haruskah kita selalu mengejar?

Haruskah kita selalu?

Haruskah kita?

Haruskah?

Aku lelah berada dalam siklus ini
Tapi apa daya diri ini bahkan tidak dapat lari
Apa aku belum juga mengerti
Bahwa tidak dapat sungguh tipis bedanya dengan tidak sudi

Apakah diri ini masih tidak sudi untuk pergi?

Apakah diri ini masih tidak sudi untuk berhenti?

Berhenti sejenak
dan lihat sudah sejauh apa kita berlari

Berhenti sejenak
dan resapi

Berhenti sejenak
untuk berlari kembali

Apakah dia sungguh tidak ingin berhenti
Mengejar manusia yang tak tahu diri
Mengejar manusia yang juga berlari
Berlari menjauhi, bukan mendekati

Apakah dia juga tidak sudi berhenti?

Apakah dia juga tidak sudi meninggalkan lingkaran ini?

Lihat dirinya
Pucat
Semua itu karena diri ini

Dan kamu,
Lihat diri ini
Pucat
Semua itu karena dirimu

Salah.

Tidak ada yang pantas disalahkan dari siklus ini.

Ini hanya kumpulan anak manusia yang belum mengerti.

Comments

Popular Posts